Tutorial Menginstall Microsoft Office 2007 di Ubuntu

               
Kebanyakan orang yang sudah make distro linux rata-rata sudah tahu ada aplikasi-aplikasi alternatif dari aplikasi sejenis di windows, yang kebanyakan pula bebas untuk digunakan. Sebagi seorang yang sudah tahu dan sadar apa itu freedom saya juga sering menghindar dari berbagai macam software yang terlalu mengikat pada saya.

Hanya saja, memilih sebuah ikatan juga adalah bagian dari kebebasan.

Yang mau saya bilang adalah hal sederhana. Meski kalian sudah memakai sistem operasi yang bebas kadang ada yang masih ingin, belum bisa pindah, terbiasa, atau butuh dengan apliaksi windows yang sudah dipakai sejak dulu.

Dan kalau sudah membicarakan aplikasi windows nama microsoft office biasanya adalah software yang langsung muncul ke permukaan.

Semua orang menggunakannya, semua orang mengetahuinya, dan semua orang berbagi dokumen dengan format yang dipakainya. Oleh karena itu bisa dibilang .docx, .xlsx, dan .pptx adalah standart dokumen yang dijamin compatible dengan pengguna komputer secara umum.

Karena itulah saya memberikan tutorial ini.

Bagi yang membutuhkan microsoft office untuk berjalan di distro linuxnya, mungkin tutorial kecil ini bisa membantu. Dalam tutorial ini saya akan menggunakan mso versi 2007 sebab versi inilah yang paling lancar berjalan di sistem operasi saya yang baru didowngrade. Ubuntu 12.04 LTS.

1.
Pertama siapkan CD office anda, atau file installer anda lalu klik kana dan buka dengan wine.

Tentu langkah ini dilakukan dengan asusmsi kalau pembaca sudah berhasl menginstal wine di sistem operasinya, yang untuk sekarang saya fokuskan dulu ke linux ubuntu.



Buka dengan Wine.png


Untuk mendapatkan wine caranya sangat mudah, sebab wine ada di repo yang perlu pembaca lakukan hanyalah menginstalnya lewat software center, packgae manager, atau tool command line.

Jika lancar maka installer akan mulai dieksekusi dan melakukan extracting. Gampangnya kalau hasilnya seperti screenshoot di bawah berarti sampai proses ini semuanya masih lancar

Installer start.png

               
2.
Begitu installer sudah start maka pembaca akan diminta untuk memasukan serial number dari office 2007. Langkah ini saya langsung skip saja sebab saya tidak punya serial number dari installer yang saya punya.

Dan meski memang di internet pembaca bisa menemukan serialnya dengan mudah, saya sama sekali tidak menyarankan untuk melakukannya. Saya langsung klik continue tanpa memasukan serial sehingga pertanyaan di bawah akan tampil. Saya pilih "NO", tapi jika pembaca punya serialnya silahkan isikan dulu sebelum maju ke langkah selanjutnya.

Kalo udah beli ya silahkan masukan serial.png

               
3.
Kalo pembaca tidak setuju maka nggak bisa lanjut, jadi klik aja setuju.

Langkah selanjutnya bisa dibilang trivia, di langkah ini pembaca tinggal memilih aplikasi mana saja yang ingin diinstal. Dan sebab setelah tiga puluh hari saya juga akan menguninstallnya lagi jadi hanya beberapa paket yang saya masukan.

TOS.png

               
Langkah selanjutnya bisa dibilang trivia, di langkah ini pembaca tinggal memilih aplikasi mana saja yang ingin diinstal. Dan sebab setelah tiga puluh hari saya juga akan menguninstallnya lagi jadi hanya beberapa paket yang saya masukan.

Paket.png

               
Setelah menunggu proses instalasi selesai, klik saja close. Setelah semuanya selesai harusnya Microsoft office sudah bisa ditemukan pada dash ketika kalian mencarinya. Tapi jika tidak ada jangan panik dan log out tau restart saja terlebih dahulu. Dan jika kalian tidak sabar kalian bisa "Browse C: drive" (ini fitur wine dan nyarinya tinggal tulish di dash) lalu eksekusi manual programnya di folder instalasi.

Gampangnya kalau di windows ya pergi ke c:\programm files\microsoft office\ terus cari file .exenya.

Installed.png

               
Kadang Power Point akan berprilaku aneh jadi cobalah konfigurasi wine sedikit lagi.

Configure.png

               
Buka konfigurasi dan pilihlah library. Di dalam kotak New override library tulis riched20 lalu tambahkan ke existing override, edit dan pilih native (windows) setelah itu tinggal ok, ok saja.

Ntive.png

               
Office sudah ready untuk digunakan. Kalau kalian punya product key silahkan masukan dan langsung lakukan aktivasi tapi kalau tidak punya ya pake saja trialnya sampe abis.

Wolla.png

               
Sekali lagi. Memang ada banyak cara untuk mengakali aktivasi tapi saya tidak menyarankan siapapun untuk melakukannya, dan jangan tanya saya bagaimana caranya sebab saya tidak akan memberitahkukan apa-apa.

Mulai.png

               
Sebab menurut saya, jika kalian mulai belajar linux mulailah belajar juga aplikasi-aplikasi di lingkungannya.

Komentar

Posting Komentar