MythBuntu Sudah resmi Wafat

Sumber : Softpedia

Tanggal 5 November 2016 kemarin, team dari Mythbuntu mengumumkan kalau projectnya akan dihentikan.

File:Retro-wide.png
MythTV wiki.

Dari namanya saja sudah jelas, Mythbuntu adalah distro linux berbasis ubuntu yang punya kaitan erat dengan MythTV. Mythbuntu sendiri adalah turunan official dari Ubuntu yang menggunakan XFCE 4 sebagai Desktop Environment defaultnya.

Sekedar info saja MythTV adalah software DVR open source yang sudah dikembangkan dari 2002 silam. Kalau bingung, anggap saja MythTV itu sekelas dengan Windows Media Center. Software ini dikembangkan oleh Isac Richard yang capek dengan saluran TV kabel yang punya kualitas buruk plus penuh iklan.

File:Graphite.png

MythTV wiki.

Dan daripada beli Tivo, dia memutuskan untuk membuat software DVRnya sendiri.

Rilis pertama Mythbuntu dimulai dari versi Ubuntu 07.10 Gusty Gibbon dan versi terakhirnya dirilis berbasiskan branch Ubuntu 16.04 LTS Xenial Xerus.

Dengan adanya pengumuman di atas, secara resmi distro MythBuntu akan menghilang dari peredaran dan semua paket spesifik Mythbuntu juga akan ditarik dari semua repositori official Ubuntu jika tidak ada orang yang tertarik untuk mengurusnya.

Jika ada dari kalian yang berminat untuk menghidupkan kembali project dari Mythbuntu silahkan kontak langsung pengembangnya lewat web resminya di www.mythbuntu.org.

https://distrowatch.com/images/cgfjoewdlbc/mythbuntu.png

Distrowatch Screenshoot

File image baru tidak akan dibuat lagi. Jadi jika ada yang mau install Mythbuntu mungkin kalian hanya akan mendapatkan versi lama. Tapi saran dari developernya, sebab Mythbuntu sudah tidak diurus lagi dianjurkan untuk menginstal Xubuntu saja lalu menambahkan PPA Mythbuntu.

File:Transblue-epgdefault.png
MythTV wiki.

Paket khusus seperti Mythbuntu control center mungkin sudah tidak ada lagi, tapi paket MythTV masih ada dan dirawat dan diupdate. Jika kalian masih ingin mendapatkan update MythTV silahkan tambahkan PPA dari Mythbuntu.

File:Mythbuntu theme.png
MythTV wiki.

Komentar