Download E-faktur 3.1

 Dear,

(Yang gak pengen baca langsung aja ke bawah sendiri, download linknya di sono)

Beberapa hari lalu sadar kalau ada update efaktur setelah lawan transkasi minta sesuatu yang ternyata gak ada di versi efaktur saya (kolom dokumen tambahan). Pas mau update, web resmi djp ngajak ribut mulu. Kayak di bawah.


Dan ternyata, masalah ini bukan cuma diriku yang kena. Tapi hampir semuanya. Hampir semua video atau blog yang ane baca nulis secara tersirat kalo, web efaktur broken itu hal yang "normal". Terngawur.

Ya ampun, url download aja gak punya DNS, cuma pake ip public. Bukan htttps lagi, jadi banyak browser yang gak bisa langsung download karen url-nya dianggap nggak aman.




Ini web dibayar pake duit apa daun? ini web pemerintah apa proyek anak PKL? ini situs bukan cuma resmi tapi penting. Kok link broken seriiiiing banget?

Setelah saya cek-cek, keliatannya yang jadi masalah utama. Servernya kurang bandwith dan gak bisa ngelayani request dari mungkin jutaan orang di waktu yang sama.

Karena itu sering link gak bisa respon.

Dengan kata lain, bisa nggaknya kalian dapet file itu bergantung pada gacha dari djp.

Dikemanain itu duit pajak sampe link download aja bandwithnya kelas indiehome?

Diriku coba ngirim email komplain ke djp, tapi seperti yang udah kalian duga. Yang jawab langsung asumsinya masalahnya di kompter ane. Suruh clear chache, ganti browser, private window, ganti device. Semua solusi yang normalnya pasti udah dilakuin sebelum komplain beneran.



Sampe di sini udah nyerah, mau ke kpp jauh. Akhirnya maksa download manager nge-retry download terus-terusan dari pagi sampe siang. Dan akhirnya, dapet gacha koneksi juga. Di entah koneksi yang keberapa kali.

Setelah ngerasain gak enaknya gak bisa diminta update, di press customer, sama diomelin bos gara-gara gak bisa negluarin faktur pajak. Ane harap gak ada yang perlu ngikuti jejak ane. Yang bisa download lancar, ane kasih selamat. Tapi kalo ada yang gak kebgaian gacha download dari djp, pake aja link di bawah.

Noh, efaktur 3.1. Versi windows.

efaktur 32 bit

efaktur 64 bit






Komentar