Anime Style Drawing With Krita : Part 1 : Mata

Di internet ada banyak sekali tutorial untuk melakukan pewarnaan gambar berstyle anime dengan menggunakan berbagai macam software, tapi untuk suatu alasan rasanya saya gak pernah bisa mengaplikasikannya dengan benar dan menghasilkan sesuatu yang rasanya gak bagus.

Karena itu saya mulai mencari-cari cara yang lebih simple untuk melakukannya. Dan saya berhasil menemukannya sekarang.

Software yang saya pakai bukanlah Photoshop, SAI, maupun ClipStudio melainkan sebuah software painting free bernama krita. Yang untuk sementara ini masih belum ada versi MAC-nya.

Untuk pengguna linux biasanya sudah ada di repositori, jika DE kalian bukan KDE maka file yang harus didownload lumayan besar dan banyak sebab software ini sangat bergantung pada library KDE.

Untuk pengguna windows tinggal mendownload installernya yang sizenya sekitar kurang lebih 110 mb di krita.org.

Versi krita yang saya gunakan dalam tutorial ini adalah Krita 2.8

Kebetulan sekali pentab saya gak mau jalan di elementary os terus kayaknya baterainya juga mau abis dan juga gara-gara sebuah known bug (masalah dengan grafik AMD) yang katanya tidak akan diperbaiki, sekarang saya gak bisa ambil screenshoot dari linuxnya. Karena itulah semuanya akan saya akan menggunakan versi windowsnya.

Tutorial ini saya bikin di kantor pas lagi istirahat dan tentunya dengan komputer kantor (tolong jangan ditiru), sehingga saya buru-buru menyelesaikannya. Ampunilah jika ada salah-salah ketik.

Mari kita mulai saja.

Seperti yang sudah saya bilang di atas. Pentab saya tidak mau jalan, karena itulah saya mulai dengan menggambar manual lalu men-scane-nya dan dibuka dengan krita. Gambarnya jelekpun gak apa-apa, sebab nanti akan kita tracing dang tambahkan line baru. Gambar di bawah hanya digunakan sebagai basic saja.
raw.png
Raw.

Tambahkan layer baru, beri warna background putih, buat agak sedikit transparan dan mulailah melakukan tracing. Bagi yang sudah akrab dengan software grafik saya kira semua yang saya katakan bisa dicerna dengan mudah.

Tapi mungkin masih ada yang agak bingung, jadi saya akan tunjukan beberapa tool untuk melakukan apa yang saya instruksikan di atas. Silahkan ikuti angkanya, langkahnya sudah saya urutkan. Dan tentu saja langkah ini tidak baku.

raw.2.png
Tracing Selesai.

  1. Tambahkan layer baru.
  2. Beri warna background, terserah anda lah.
  3. Atur transparansi untuk memudahkan melihat ke layer sebelumnya dalam proses tracing.
  4. Pilih tool yang mau dipake, biasanya saya sih pakai bari keempat sebelah kiri. Sebab saya pakai mouse dan gambar pake pentab rasanya gak stabil (belum terbiasa aja mungkin).
  5. Atur ketebalan tip dari brush tooll yang anda pake.
  6. Pilih warna tipnya.
  7. Kalau brush yang sekarang anda pake gak cocok, silahkan ganti brush lain. Brush engine krita itu sangat banyak, dan kalau stocknya masih belum mencukupi masih bisa ditambah dengan mendownloadnya.

Tambahkan layer baru dengan mode multiply supaya warna dibelakangnya gak ketutup sama warna baru.

raw.3.png
Area selection finished.

  1. Pilih tool selection. Yang mana aja terserah anda, tapi saya sarankan pakai tool yang saya tunjukan sebab rasanya lebih cepat.
  2. Pilih area mata yang mau diwarnai.
  3. Supaya tidak ada gap antara garis luar dengan warna mata, ini juga berfungsi menghilangkan ketidak naturalan pembatas nantinya. Silahkan bukan menu selection dan klik grow slection. 1 atau 2 pixel aja cukup. Langkah ini akan membuat garis juga akan ikut masuk dalam pilihan.
  4. Pilih warna apa aja, lalu klik gradient tool dan aplikasikan ke area yang sudah dipilih tadi. Lakukan sampai anda merasa kalau warnanya sudah pas.

Setelah selesai, tambahkan beberapa layer baru dengan mode multiply juga. Di sini tambahkan warna-warna gelap untuk memberikan efek bayangan di sekitar garis mata. Hasilnya adalah seperti di bawah ini.


raw.4.png
Shading.

Resolusinya tidak terlalu tinggi sehingga jika di zoom kelihatan pecah-pecah, tapi jika dilihat dalam jarak normal kotak-kotak perpixelnya tidak akan kelihatan. Versi fullnya silahkan dilihat di bawah.

Eye..png
Eyes finished.


Semoga informasinya bermanfaat, jika ingin mengontak saya silahkan drop e-mail ke setiawan.wahyu10@gmail.com atau search saya fb di wahyu.setiawan.7777 dan tentunya yang paling gampang ya komen aja di bawah.

Komentar

  1. kak mau tanya kok pakek mouse gak mau keluar lancip dari tool yg kita pake kenapa ya ?

    BalasHapus

Posting Komentar