Pembukaan : Bicara Tentang Open Source.

Kalau yang sudah bisa bahasa Inggris pasti sudah tahu lah secara kasar apa arti dari Open Source itu. Secara literal open source terdiri dari dua kata yaitu open dan source, Terbuka dan Sumber. Ini tidak hanya teraplikasikan dalam dunia komputer tapi juga bahkan kuliner.


Contohnya adalah gambar di atas, Open Cola adalah salah satu bentuk pengaplikasian open source di dunia selain komputer. Rasanya, saya belum pernah nyoba tapi katanya sebelas dua belas sama pepsi atau coca-cola.

Miskonspesi yang paling sering terjadi adalah, open source disamakan dengan gratis. Sangat besar program yang dikembangkan dengan model open source memang gratis tapi bukan berarti menjualnya itu dilarang. Beberapa perusahaan yang melakukan praktek ini adalah Red Hat, SUSE, dan Mandriva. Mereka menghasilkan uang daril produk open source. Dengan memberikan fitur plus-plus, mereka mendapatkan bayaran.

Untuk pembukaan, hal yang ingin saya katakan cuma.

Open Source tidak sama dengan gratis. Open Source hanya sebuah konsep pengembangan software dengan kode sumbernya dipublikasikan secara umum, bebas digunakan, disebarluaskan, dimodifikasi, dan didistribusikan ulang.

Tulisan ini bukan ditujukan untuk siswa yang sedang mencari referensi dan butuh materi untuk di copy & paste, karena jelas apa yang dicari gak akan ketemu. Silahkan baca wikipedia untuk keterangan yang lebih mendetail.


Komentar