Anime Style Drawing With Krita : Part 3 : Pakaian

Bagian terakhir dari tutorial dasar krita adalah menempelkan pattern pada pakaian. Menggambar manual motif pakaian memang bisa dilakukan. Dan kalau ingin yang presisi memang sebaiknya dilakukan, tapi yang namanya motif pakaian itu biasanya perlu banyak detail, memakan waktu, dan melelahkan.


Karena itulah akan lebih cepat kalau kita tinggal menempelkan motif yang sudah jadi saja. Dan di sinilah salah satu fitur krita bisa kita gunakan. Pilihan brush dalam krita sudah sangat banyak, dan bahkan kita bisa bikin sendiri, tapi jika kita masih kekurangan kita tinggal download yang tambahan yang sudah disediakan third party.


brush set.png


Caranya sangat mudah, tinggal ke web resmi krita, pilih sub learn, lalu pilih lagi resource. Di sana ada banyak koleksi brush yang bisa dipilih. Linknya menuju ke web pihak ketiga, tapi tidak usah khawatir kalian tidak akan diredirect ke tempat penuh iklan dan tombol download palsu.


Di sana nanti ada panduan cara menginstal brush tambahan yang kalian download. Dalam tutorial kali ini, saya akan menggunakan brush set speed painting cazu yang saya dapatkan dari http://www.pcazorla.com/2014/01/15/cazu-brush-collection-v2-for-krita/ .


Dan jika kalian sudah berhasil menginstal brush tambahannya, kalian bisa melihatnya di bagian brush selector. Contohnya seperti di bawah.


brush.jpg


Dengan begini, semua peralatan sudah siap.


Langkahnya adalah sebagai berikut.


  1. Seperti biasa, tambahkan layer baru lalu berikan warna dasar. Terserah ente aja, tapi kali ini saya pake pink.
  2. Tambah layer lagi lalu gunakan warna yang lebih gelap untuk membuat shading. Kemudian.
  3. Tambahkan layer untuk nanti kita berikan pattern.dasar.jpg
  4. Pilih tab brush si samping tab layer dan cari brush yang ente inginkan untuk aplikasikan.
  5. Atur ukuran dan warnanya.
  6. Lakukan selection pada area yang ingin diberi pattern lalu tempelkan patternnya sehingga hasilnya adalah seperti di bawah.


brush baru.jpg


Dan berhubung ini adalah bagian terakhir, mari kita warnai backgroundnya sekalian dan selesaikan keseluruhan gambar. Gambar jadinya adalah seperti yang ada di bawah ini.


juliet.jpeg


Saya bukan seorang pro, jadi hasilnya mungkin tidak terlalu bagus. Tapi setidaknya saya ingin berbagi informasi, dan bagi kalian yang belum membaca bagian sebelumnya silahkan kunjungi part 1 dan part 2-nya.


Terima kasih.

Komentar