Instal Modem di Linux (terutama ubuntu 12.04 dan turunannya)

Topik ini mungkin udah agak lawas, tapi siapa tahu masih ada yang punya masalah jadi saya putuskan untuk sharing dikit. Tidak seperti di kebanyakan blog lain, saya gak akan memakai wvdial.

Walaupun bukan garansi berhasil, tapi saya berhasil dengan rasio 3 : 1 dengan yang 1 itu berhasilnya. Tapi bener saya udah sering internetan dengan cara ini. Kalau tetep gak bisa coba restart/logout terus ulangi lagi prosesnya.

Install modem USB di Linux 

Sebelumnya saya bilang kalau merek gak terlalu berpengaruh, yang bikin linux nggak bisa njalanin usb modem itu cuma karena dia nggak mengenali usb yang ditancep itu sebagai usb serial buat koneksi. Thanks.

Saya sudah memakai cara ini dan sering berhasil (walau gak selalu).

What u need to do is simple.

1.Tancep USB Modemnya. (Dalam kasus ini saya pake smartfren)


2. Biar prosesnya lebih gampang, kita instal modem manager gui yang reponya ada di linuxonly.ru. Di sini gambarnya nokia karena saya cuma ambil dari google, nanti nama devicenya berubah sesuai punyamu kalo punya saya Haier.


3. Masuk terminal, sudo su, sudo -i, terus lsusb untuk liat mana modemu dan udah masuk atau belum.


Kalo yang di atas ini baru linux yang saya pake, Kubuntu 12.04.3

4. Di sini nih yang pentingnya, tulis modprobe usbserial vendor=0x201e product=0x10f8 (ini cuma contoh, jangan lupa ganti sama punyamu sendiri yang tadi kedetect)

Harusnya linux sudah tahu kalau usb yang tadi kau colok itu modem, kalau bener-bener usah siap buka modem manager gui dan munculah gambar di screenshoot no 2.  Pencet ussd, sms, atau apa kek yang penting pas ditanyain buat ngatifin mobile broadband (atau yang sejenisnya) kau pilih YES.

Kalau belum kedetect tutup (quit) lalu buka lagi. Soalnya scanning portnya agak lama, sabar ya.

5. Biasanya, kalo udah enable mobile broadband benda yang di bawah ini.


Ini saya dari google.

Langsung munculin nama operator kita, Di klik aja, terus ikuti petunjuknya sampai selesai. Paling ditanya lokasi, operator, dan saudara-saudaranya. Atau cara manual juga bisa. Saya kasih screenshootnya, tapi dari KDE soalnya saya lagi pake Kubuntu. Sama aja lah.





Biasanya, setelah semua pengaturan tersebut OK langsung bisa connect. Saya udah coba di Ubuntu, Elementary, Zorin, Mint dan semuanya working. Kalo gak work, baca note paling atas.

Ada masalah, silahkan komen dan jangan lupa kasih screenshootnya atau ketemu orangnya langsung kalo memungkinkan. Becanda. Komen aja. Thanks.

Komentar