Windows XP End! terus kenapa?

Mungkin topik ini udah outdated. Tapi gak apa-apa lah buat sharing aja.

Ada ramalan kalau Windows Xp gak lagi disupport akan ada kejadian besar yang bakalan menimpa dunia IT. Bahkan ada perusahaan yang udah dari dulu pake Windows Xp dan gak punya niat mau migrasi ke 7 apalagi 8 yang gak jelas apa kelebihannya buat ngirit budget. Mereka sudah menyiapkan berbagai macam sekema untuk menangani masalah yang PASTI bakal datang.

Tapi. Untuk pengguna Xp yang kaya kita-kita ini (personal atau paling banter warnet) apa dampak dari Microsof nggak kasih support lagi?

Kalau saya bilang sih, gak ada! Maksimal sampe setahun setelah kematian Xp dan Office 2003.

Kenapa bisa begitu?

Sekarang saya yang balik tanya pada kalian (pengguna Xp bajakan) tentang dua hal di bawah ini.

1. Kapan terakhir kalian download patch dari windows update?
2. Kapan terakhir kalian telpon Microsoft pas ada masalah dengan Xp kalian?

windowsxp.jpg

Rata-rata jawaban yang saya dapat adalah sesutu yang sudah kalian duga. Gak pernah! So kesimpulannya adalah. Support dari microsoft yang berakhir sama sekali nggak ada pengaruhnya pada pengguna Xp bajakan yang sudah dari dulu berjalan sendiri dalam kesepian di tengah dunia IT yang semakin dipenuhi bahaya.

Saya yakin, kalau daripada harus upgrade ke 7 yang berat atau 8 yang lebih berat dan fungsionalitasnya dipertanyakan. Orang-orang yang sudah nyaman pake Xp akan memilih pake software outdated yang ada celahnya di sana-sini, sebab rata-rata user tidak terlalu memikirkan masalah keamanan.

Sumber : Pak RT.

Ini beneran saya tanya sama pak RT di desa saya.

Terus, kenapa satu tahun adalah batas waktu kehilangan support di Xp nggak ada pengaruhnya? Karena setelah setahun, saya ragu kalau masih ada banyak developer yang mau repot-repot bikin aplikasi buat sistem operasi yang masa depanya sudah jelas. Jelas-jelas gelap.

Untuk apkasi sehari-hari macam office atau player, mungkin versi lamapun bukanlah masalah. Tapi gimana kalo kalian nggak bisa lagi nginstal firefox, adobe flash pugin, atau antivirus pas update antivirus lama udah gak keluar lagi?

Itu baru Loe! Gue! End!

Yang membuat Windows hebat bukanlah dirinya sendiri melainkan “pihak ketiganya” jadi kalau mereka (pihak developer) udah gak perduli sama Windows. Yang namanya Windows itu sama sekali bukan apa-apa. Cobalah berharap “Windows community (kalau ada)” merawat Xp.

Saya gak akan nyaranin yang baca buat pindah ke 7 apa lagi 8. Soalnya dengan upgrade ke salah satu sistem operasi itu, kalian bakal nambah biaya walau nanti yang diinstal itu bajakan.

Kalo kalian punya hardware yang di bawah minimum requrement mau nggak mau beli hardware baru tidak akan terelakan. Tapi saya juga gak akan saranin kalian untuk tetep pake sistem operasi legendaris (cuma legendaris dalam banyak arti! bukan baik apa lagi terbaik) itu sampai sepuluh tahun lagi.

Kalo kalian udah buang Xp kalian dan mutusin nginstal linux atau produk opensource lain, kasih tahu saya.

Komentar

  1. Saya pun memiliki pendapat yang sama. Tidak akan banyak pengaruhnya bagi pengguna macam kita sekalipun Microsoft menghentikan dukungan untuk XP. Selama orang macam saya masih bisa menginstal aplikasi-aplikasi dalam CD bonus PC Media ke dalam Windows XP, dan pekerjaan nonsuper macam mengetik atau browsing masih bisa dikerjakan dengan aplikasi-aplikasi itu, maka orang macam saya akan terus menggunakan XP. Tidak akan pernah orang macam saya berpikir untuk minta support kepada Microsoft, bahkan tahu Microsoft menyediakan support pun tidak.

    Masyarakat Indonesia sebenarnya tidak pernah butuh OS, mereka hanya butuh aplikasi. Sama seperti pendapat akang juga.

    PS: kata yang benar untuk konteks kalimat akang di atas adalah "terelakkan" dengan dua huruf "k".

    BalasHapus
  2. artikel.nya keren pak :D
    bener juga pak ane setuju ..
    Salam open source!

    BalasHapus

Posting Komentar