Very Beginner Guide : Getting Linux

Ketika seseorang disuruh mengambil salah satu kartu as dari empat jenis kartu, dalam kasus ini mari kita anggap saja as waru hitam. Dengan kondisi dua joker sudah dibuang berapa besar kesempatan yang dia miliki untuk bisa tepat mengambil kartu tersebut? normalnya 1 : 52. Sembilan puluh delapan persen kegagalan dan hanya dua persen kemungkinan berhasil.

Tapi bagaimana kalau kartunya baru saja dibeli dan pertama kali dibuka lalu joker di bagian atas dan bawahnya diambil? hampir seratus persen kalau bagian paling bawahnya adalah as waru hitam. Susunan kartu itu sebelas dua belas, jadi walau tidak pasti tapi kemungkinan yang didapatkan sangat besar.

Informasi. Orang yang tidak tahu kalau decknya itu baru akan bingung, tapi orang yang sudah tahu hal itu sama sekali bukan misteri.

Pembukaan yang saya copy dari No Game No Life tadi sebenarnya lumayan berhubungan dengan apa yang akan saya bicarakan.

Pentingnya informasi. Terutama bagi siapapun yang akan mencoba sebuah distro linux. Dan di bawah ini saya akan rangkumkan beberapa informasi yang sebenarnya simple dan sangat basic tapi sering dilewatkan begitu saja.

Apa itu linux.

Jika kata linux berdiri sendiri tanpa ada temen-temennya seperti Ubuntu, OpenSuse, Fedora, Mageia maka saya akan anggap dia bukan sebagai sebuah sistem operasi. Kenapa? yah sekarang coba saja download OS linux yang (official), jika kalian nemu berarti yah mari kita tetap damai.

Di jaman yang sudah modern ini, di mana selogan “the world in your hand” sudah seperti sebuah kenyataan masih saja ada yang tidak tahu dengan apa itu linux.

Sekali lagi saya bilang, jika linux berdiri sendiri maka dia tidak bisa dikategorikan sebagai sistem operasi meski memang bisa melakukan beberapa hal yang sistem operasi lakukan. Linux sendiri itu hanya kernel (tolong buka wikipedia kalau gak tahu) saja, yaitu inti dari sebuah sistem operasi.

Dan semua sistem operasi mempunyainya.

Kecuali mungkin kalau ada yang bisa pake ENIAC (tolong ini juga dicari di wikipedia kalo gak tahu).

Sistem OPERASI dengan basis Linux itu kita tidak bisa sebut dengan sistem operasi linux. Jadi sebenarnya, yang disebut sistem operasi, dalam hal ini adalah sebuah distro linux adalah beberapa hal ini.

Kernel linux akan bisa disebut sebagai sistem operasi jika ditemani.

  1. Bootloader. Ketika komputer dihidupkan BIOS atau firmware UEFI akan mencari sebuah software dari drive-mu. Dan nama softwarenya adalah bootlader.
  2. Kernel. Habis bootlader yang jalan selanjutnya adalah Kernel. Atau lebih tepatnya kernel linux (dalam kasus ini). Bagian ini me-manage CPU, Memory. I/O device, sebab kernel itu langsung berhubungan dengan hardware di sinilah ada banyak driver dari hardwaremu berada. Semua software yang dirimu pakai berada di atas kernel.
  3. Daemons. Bukan Demon maupun Diamon, kalau di windows mungkin lebih terkenal dengan nama Service atau background process yang jalannya dirimu bahkan tidak ketahui. Salah satu contohnya adalah syslog.
  4. Shell dan utility-nya. Tahu kan? tulisan putih dan background hitam. Meski memang cli udah jarang dipakai, tapi yang namanya shell itu masih tetep ada, hidup, dan berfungsi, karena itulah shellshock (silahkan googling) itu berpengaruh banyak pada unix, turunannya (BSD, Mac), dan juga cloningnya (linux).
  5. X.org dan Desktop Environment. Gak harus, tapi mungkin kebanyakan orang mengganggap sistem operasi adalah apa yang ditampilkan oleh x.org.
  6. Desktop program. Ini juga gak harus, tapi saya tuliskan saja lah. Aplikasi desktop.

Credit : How To Geek.

Dan jika semua itu digabungkan, salah satu contohnya adalah seperti ini.

activities-overview1.png
Taken from : Gnome.org

Perbincangan tentang 5W1H linux akan saya lanjutkan lain waktu, untuk sekarang ada satu hal yang lebih penting dari itu. Untuk tahu cara naik sepeda tentu yang diperlukan itu lebih dari sekedar teori tentang bagaimana cara sepeda dibangun dan digunakan. Seseorang harus berlatih secara langsung. Langsung menggunakan sepedanya adalah cara paling cepat untuk seseorang bisa paham dengan si sepeda.

Kalau bisa minjem ya minjem tapi kalau bisa sih beli sendiri sepedanya.

Dan hal itupun berlaku pada distro linux. Karena itulah saya akan memberitahukan beberapa distro yang bisa anda sekalian coba, di mana mendapatkannya, dan cara mendapatkannya. Untuk daftarnya sendiri saya mengikuti major distribution di DistroWatch.com.

Lalu sebelum saya memberikan link, saya akan kasih tahu dulu sebuah rahasia. Mencari sebuah distro linux itu sama sekali tidak sulit, asalkan anda tahu apa yang mau dicari dan bisa membedakan antara link asli dan dan iklan saya yakin kalau menemukan official site dari sebuah distro linux itu semudah membalikan telapak tangan.

Hal yang paling penting dari sebuah pencarian bukanlah di mana mencarinya dan bagaimana mencarinya, tapi apa yang mau dicari. Di bawah ini adalah beberapa sample search querry yang saya gunakan untuk mendapatkan link ke official site dari distro yang saya mau.

linuxmint.png
Linux Mint

Ubuntu
Debiang

Pclinux
Fedora

Opensuse

Centos

Slackware

Arch

Lihat kan? kecuali ubuntu semua link official dari distro yang saya cari langsung berada di urutan paling atas dari hasil pencarian. Jadi jangan bingung nyari tempat downloadnya, kalau mau download sesuatu ya download di official sitenya. Kalau mau cari official sitenya ya cari saja nama dari apa yang mau dicari (cara ini juga berlaku untuk software windows).

Kalau begitu, berhubung prolognya sudah kepanjangan mari kita mulai saja. Untuk pertama saya bahas dulu distro dengan urutan 1 dan 2 di rengking distrowatch.

1.Linux Mint.

Sekali lagi, pembahasan masing-masing Distro akan saya pending dulu sebab tujuan utama post ini adalah memberithaukan user baru di mana mereka bisa mencari sebuah distro dan bagaimana mereka bisa didapat.

Di dunia maya, biasanya flashgip dari sebuah produk atau nama perusahaan dari sebuah produk adalah domain alias alamat web official dari produk yang kita cari. Apple.com, Microsoft.com, Adobe.com. Dan meski linuxmint itu bukan hasil dari sebuah perusahaan besar seperti yang sudah saya sebutkan tadi, tapi linuxmintpun masih mengikuti trend ini.

Dengan membuka www.linuxmint.com kalian akan langsung sampai di main page project linuxmint.

Yang biasa berseluncur di dunia maya harusnya sudah paham, tapi takutnya ada yang bingung jadi saya akan jelaskan sedikit.


Tidak seperti Windows maupun Mac, distro linux itu kebanyakan punya pilihan terutama di bagian desktop environmnet. Ada beberapa variasi yang bisa kalian download, dan ketika kalian mengklik salah satu variasi kalian akan langsung di bawa ke link lain untuk bisa melakukan download.

  1. Link ke download page versi Cinnamon.
  2. Link ke download page versi Mate.
  3. Link ke download page versi KDE.
  4. Link ke download page versi Xfce.

Kalau kalian tidak paham apa maksud dari versi-versi itu (dalam hal ini sepertinya lebih cocok kalau disebut variasi) setiap kalian meletakan kursor di atas gambar-gambar tadi di atasnya akan ada preview tampilan desktopnya. Pilih aja yang menurut kalian paling sreg.

Untuk link 5 dan 6 adalah link yang memberikan lebih banyak pilihan. Link 1 sampai 4 adalah versi utama dan juga terbaru sedangkan 5 dan 6 memberikan pilihan lebih dari itu. Versi dengan basis berbeda (Debian) dan juga versi lama yang masih dan juga yang sudah tidak disupport lagi.

Ketika link 1 sampai  4 dipilih, maka kalian akan di bawa ke download page. Biasanya ke blog.linuxmint.com. Berikut di bawah tampilannya.

linuxmintfpage.png

Di page ini ada banyak sekali informasi berguna seperti changelog dan juga system requirements untuk memastikan kalau komputer anda bisa menjalankan distro ini dengan baik. Untuk menemukan link downloadnya, scroll ke bawah.

linuxmintdown.png
Ada banyak metode untuk mendownload, tapi yang paling umum ya pake torrent dan juga direct download http. Ini sih saran saja, biasanya jaringan p2p alias toreent lebih cepet dari http standart.

Linux mint juga bisa didownload lewat mirror yang sudah disediakan, silahkan cari lokasi yang paling dekat dengan anda sebab lokasi itu lumayan mempengaruhi kecepatan download. Untuk yang versi 64 bit anda harus scroll ke bawah lagi.

2.Ubuntu

Sama seperti sebelumnya, kunjungi saja Ubuntu.com. Tampilannya webnya sendiri sering berganti, tapi untuk sekarang rupanya seperti di bawah ini. Hanya saja kalian tidak perlu dibingungkan dengan masalah desktop Environment, sebab ubuntu hanya punya Unity.

Ubuntu dengan Desktop Environment lain punya pagenya masing-masing seperti Kubuntu, Ubuntu Gnome, Lubuntu, Xubuntu, dan juga Ubuntu Mate. Tapi, kalian akan bingung untuk hal yang lain.

Yang akan saya jelaskan di bawah.
ubuntuweb.jpg
Canonical itu servicenya banyak dan, bisnis utama mereka juga mengorbit di sekitar os yang mereka buat itu. Jadi isi webnya jauh lebih padat. Tapi sebab yang akan kita cari itu adalah os desktop, mari kita biarkan saja phone, tablet, tv, managment, cloud, dan juga server.

Sekali lagi, satu hal bisa dilakukan dengan beberapa cara.

Jika ingin lebih tahu tentang ubuntu, saya sarankan gunakan sumenu di bagian atas. Dari sana kalian akan diberikan link untuk mencari tahu lebih banyak tentang ubuntu, overviewnya, fiturnya, penggunaanya di berbagai macam lingkungan, spin-offnya dan bahkan tour online.

Ya. Untuk melihat bagaimana ubuntu berjalan, kalian tidak perlu mendownload dulu, yang kalian perlukan cuma web browser standart dan kunjungiwww.ubuntu.com/tour/en/. Di sini kalian akan disajikan os ubuntu versi webnya dan dipandu untuk memahami ubuntu. Tapi ingat kalau semua aplikasinya itu dummy.

Sebab kita itu mau download, kita akan gunakan jalur paling cepatnya saja. Klik link download yang ada di tengah (yang ada gambar laptopnya).
Pilih Ubuntu Desktop. Lalu nanti kalian akan diredirect ke pagi di bawah. Di page ini ubuntu selalu ditawarkan dalam dua paket (kecuali pas rilis LTS). Satunya adalah versi paling baru, dan satunya adalah versi Long Term Support yang dijamin updatenya selama 5 tahun.

Tapi tolong jangan tanya mana yang lebih bagus ke saya.

Sama seperti linuxmint tadi, ubuntu juga menyediakan banyak mirror, torrent dan history version serta berbagai macam file image untuk banyak jenis prosesor. Hanya saja, selama anda pake prosesor AMD/Intel, versi utama biasanya akan bekerja dengan baik. Apapun komputernya.

Tentu saja komputer yang memenuhi syarat.

Kita pakai jalur reguler. Tentukan pilihan anda, lalu klik drop down menu untuk menyesuaikan arsitektur prosesor anda lalu klik download.

ubuntu1.jpg

Sekali lagi, download ubuntu di beberapa tahun ke belakang agak lebih susah. Jika kalian ingin donansi silahkan atur donasinya, tapi kalau kalian hanya ingin download tolong cari link yang ada di bawah ini.


Saat saya mencobanya, untuk suatu alasan saya malah diredirect ke mirror.unej.ac yang entah entah karena suatu alasan apa membuat proses download gagal. Karena itulah pencet saja tombol Download Now di page ubuntu.

Sementara dua dulu. Tangan saya agak pegel. Nanti dilanjutkan, dan kalau ada request mohon komen saja.

Komentar