Yang Unik Dari Menggunakan Linux

Dear Pembaca,

Menggunakan linux itu bukan sekedar menggunakan sistem oprasi untuk menjalankan sebuah program. Percaya atau tidak, menggunakan linux itu ada nilai filosofisnya.

Apa yang terjadi ketika kau pakai Linux?

Jadi, kalian udah sukses nginstal linux di kompi kalian? Terus kalau udah pakai Linux apa yang akan terjadi? Apa yang berubah dari diri kalian? Dan kalian sudah jadi apa? Secara umum rata-rata pengguna linux akan jadi seperti beberapa hal di bawah ini.

Ketika kalian pakai Linux, kalian bakal jadi.


1. Sepesial.

Apa yang membuat Apple jadi ekslusif, mahal, dan kesannya begitu wow? Karena mereka berbeda dan jumlahnya yang sedikit. Sudah jadi rahasia umum kalau pengguna Linux itu jumlahnya jauh di bawah pengguna Windows. Saya bahkan bisa ngitung pake jari pengguna Linux di sekolah saya dulu. Perpustakaan 7, Temen 1, Adik kelas 1, jadi begitu kalian menghidupkan komputer dan mem-boot Linux bersiaplah jadi sepesial.

Dan kalau kalian sudah jadi sepesial, mau tidak mau kalian juga bakalan jadi?



2. Pusat perhatian.

Percaya sama saya. It's true. Kau melakukan sesuatu dengan cara yang berbeda, menggunakan tool yang berbeda, dan memperlihatkan hal yang belum pernah dikenal sebelumnya. Jadi sangat normal kalau ada orang-orang penasaran yang bakal memperhatikan apa yang sedang kau lakukan. Lalu begitu rasa penasaran itu sudah memuncak, bersiaplah untuk?



3. Mendapat banyak pertanyaan.

Orang yang benar-benar penasaran dan ingin tahu akan mulai bertanya apaan tuh? Buat ngapain tuh? Kelebihannya apa? Gimana cara dapetnya? Gimana cara nginstalnya? Gimana cara makenya? Orang yang macam itu akan semakin banyak bertanya dan semakin banyak mencoba lalu terus bereksperimen.

Lalu, gara-gara orang-orang itu kebanyakan berkesperimen akhirnya mereka dapet masalah. Dan saat itu datang tolong!



4.
Bantu orang lain.

Awalanya yang ngompor-ngomporin kan kamu. Jadi bersiaplah untuk bertanggug jawab dan temani di sampai akhirnya masalah selesai.




Tapi sayangnya, gak semua masalah itu gampang diselesaikan dan ujung-ujungnya bikin kamu jadi.


5. Pusing dan stress.

Yang namanya masalah itu pasti ada-ada aja. Gak mungkin kita bakal terus nemu masalah yang gampang dan udah ada solusinya.

Pasti masalah baru dan unik akan muncul untuk memaksa kita agar.


6. Terus belajar.

Kalau nggak belajar gimana kalian bisa nyelesain masalah yang muncul dan bantu temen-temenmu?

Dan dengan belajar kalian juga pasti akan dapet trik dan ilmu yang pastinya juga baru sehingga kalian jadi.


7. Lebih tahu.

Rata-rata pengguna Linux punya kemampuan IT agak di atas standar, dan orang yang udah pakai Linux pastinya udah minimal pernah pake Windows dan tahu seluk beluknya (kalau nggak! kemungkina besar mereka pindah ke Linux).

Ya, untuk sekarang apa yang kalian tahu memang orang lain belum tahu, tapi apa yang kalian tidak tahu masihlah sangat banyak. Ilmu yang kaian punya masih belum apa-apa, jadi?


8. Jangan sombong.

Dengan menggunakan Linux, kalian tidak akan kehilangan apapun malah mendapat banyak hal baik yang sama sekali nggak bahkan kalian pikirin apalagi minta.

Contohnya, dengan pake linux kalian dapet pahala. Dengan make Linux, secara tidak sadar kalian sudah bergabung dengan komunitas yang punya tujuan berbagi, membantu, dan membebaskan kalian dari tradisi yang dijagapun nggak ada manfaatnya (contohnya mbajak software dll).

So! cobalah Linux! Kalian nggak akan rugi.

Terima kasih.

Komentar