Black Lab Linux Jadi Komersial Karena Kekurangan Pembiayaan

Sumber : Softpedia

Selain itu, netOS juga di kampak. Alias discontinued. Kalau yang belum tahu, netOS itu versi cloud dari Black Lab Linux.

12 Oktober 2016.  Robert Dohnert, CEO Black Lab Software baru saja memberitahukan beberapa perubahan penting terhadap Black Lab Linux dan netOS project.

Black Lab Linux sudah yang selama delapan bulan ke Belakang ini dalam proses pengembangan sudah merilis Beta ketiganya di akhir bulan september kemarin. Dan kalau sudah ada beta biasanya Release Candidate juga bakalan keluar tidak lama setelahnya. Sayangnya di 11 Oktober kemarin, apa yang diperkirakan sama sekali tidak terjadi. Yang terjadi malah pengumuman kalau sekarang Black Lab Linux jadi full komersial.



Black Lab Linux

Robert Dohnert bilang.

."Due to lack of funding for the Black Lab Linux Project we have decided the best way to move forward for Black Lab Linux is to provide it as a commercial only software product. Hardware and systems that come with Black Lab preinstalled will be provided by PC/OpenSystems LLC,"

Yang intinya adalah, karena kekurangan biaya dan pendanaan dia memutuskan untuk membuat Black Lab Linux jadi produk yang full komersial supaya bisa tetap bertahan. Setelah itu mereka bekerjasama dengan PC/OpenSystems LLC yang nantinya akan menyediakan Black Lab Linux secara default. Alias preinstalled.

Black Lab Linux akan dirilis tanggal 1 November 2016.

Yang jelas Black Lab Linux gak akan mati karena masalah dana tadi, mereka masih akan terus melanjutkan projectnya tapi bedanya sekarang yang mau download harus bayar $9.99, atau $19.99 untuk yang ingin memesan dalam bentuk box. Dalam paketnya sendiri nanti di dalam berisi Flash Drive yang berisi Black Lab Linux atau Black Lab Enterprise Linux dengan Desktop Environment GNOME 3.

Begitu Distro ini dirilis, selama 45 hari mereka hanya akan menyediakan link berbayar. Dengan kata lain, dalam jangka waktu 45 hari kalian tidak bisa donwload Black Lab Linux secara gratis. Setelah 45 hari berlalu, baru kalian bisa download secara gratis dari web resminya.

Selain itu link download untuk Black Lab Enterpirise Linux juga tidak akan disediakan. Versi Enterprise hanya bisa dibeli secara paket box, kalian hanya bisa download versi Enterpirise jika kalian berada di luar negari atau dalam lokasi sementara, mungkin kalau ada yang lagi liburan. Kemudian yang terakhir, Black Lab Server hanya akan tersedia dari PC/OpenSystem LLC.

No download, no purchase, kalian harus beli hardwarenya kalau mau pake Black Lab Linux Server.

Paid download akan dipublikasikan mulai dari 24 Oktober 2016.

Free download akan dipublikasikan mulai dari 15 Desember 2016.

Keterangan lebih lanjut ada di sini.

Komentar